Mengantisipasi Karhutla, Tanbu Tambah Pos di 7 Kecamatan

    0
    3

    Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Penanganan  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu (Tanbu) menambah Pos Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). “Penambahan pos karhutla dilakukan untuk mengantisipasi sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” kata Kepala BPBD Tanbu, Mariani melalui Kabid Penanggulangan Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim, Jumat, (26/8) di Batulicin.

    Sebanyak 7 (tujuh) pos karhutla didirikan di beberapa kecamatan guna mengoptimalkan penanganan kebakaran hutan lebih awal.  Tujuh kecamatan yang  didirikan pos karhutla tersebut yaitu Kecamatan Sungai Loban, Kecamatan Angsana, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Mantewe, Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Kuranji, dan Kecamatan Batulicin.

    Abdul Rahim juga menjelaskan, sebelumnya, Tanbu sudah memiliki 4 (empat) pos karhutla yakni Pos karhutla Kecamatan Simpang Empat, Posko Kecamatan Batulicin, Posko Kecamatan Satui, dan Posko Kecamatan Kusan Hilir. Sehingga dengan penambahan tujuh pos karhutla maka total pos yang dimiliki berjumlah 11 (sebelas) pos karhutla. Dan semua Kecamatan sudah memiliki pos penangulangan bencana Karhutla. “Setiap kecamatan  memiliki pos penanggulangan karhutla. Dan ada satu Posko (Pos Komando) induk terletak di Gunung Tinggi, Batulicin,” ujar Abdul Rahim.

    Dengan adanya pos karhutla disetiap kecamatan, diharapkan dapat memberi kemudahan apabila terjadi kebakaran tanpa harus menunggu bantuan dari posko induk, “mudah-mudahan dengan penambahan pos karhutla dimasing-masing kecamatan dapat memberikan bantuan pemadaman dengan cepat dan pencegahan sejak dini karhutla”.*(JH/relhum)