Mardani Dorong Percepatan Pembangunan Lapas di Tanbu

    0
    13

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming saat memberi sambutan dalam peletakan batu pertama pembangunan lapas di Kab. Tanbu.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNew–Saudara, Jum’at (2/9) pagi, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming bersama  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) Imam Suyudi meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Tanah Bumbu (Tanbu) di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir.

    Dalam sambutannya, Bupati Tanbu Mardani H. Maming menyampaikan, Pemkab Tanbu siap untuk mendorong percepatan pembangunan lapas. Dengan adanya lapas  diharapkan dapat menuntaskan permasalahan yang selama ini terjadi terkait dengan warga binaan. “Terkait percepatan pembangunan lapas, saya ingin master plan-nya dan anggarannya. Dengan demikian dapat dilihat biaya pembangunanya. Untuk dananya bisa dikerjakan secara bersama-sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Mardani.

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming bersama Kakanwil Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi.(FOTO:dd/hum)

    Mardani juga menambahkan, pembangunan lembaga pemasyarakatan di Tanah Bumbu sudah ditunggu sejak tahun 2013 yang lalu. “Pemerintah daerah sudah dari dulu meminta agar di dirikan lapas di Tanbu, bahkan jauh hari telah menghibahkan lahan untuk percepatan pembangunannya,” tambahnya.

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan lapas yang dibangun di Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Hilir.(FOTO:dd/hum)

    Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kotabaru, Bambang Tri Haryono menyampaikan, mengenai anggaran biayanya dari pembangunan Lapas tersebut menggunakan dana APBN Tahun 2016. Sedangkan untuk kapasitasnya, lapas tersebut nantinya akan dapat menampung sekitar 1.500 orang. “Lapas yang dapat menampung 1.500 orang tersebut dibangun menggunakan anggaran APBN Tahun 2016, dengan besar anggaran sebesar Rp 3,4 Milyar. Sedang luas lahan pembangunan gedung lapas yaitu diatas lahan seluas 6 hektar yang lahannya merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,” papar Bambang Tri Haryono.

    Pembangunan lapas Tanbu dibangun selain untuk mengurangi over kapasitas lapas  Kotabaru Kalimantan Selatan, juga untuk mendukung kelancaran proses hukum pidana yang cepat dengan biaya yang ringan serta memudahkan komunikasi dan interaksi sosial warga masyarakat Tanbu yang keluarganya  menjadi warga binaan.*(JH/relhum)