Distanpanak Tanbu Pastikan Hewan Qur’ban Layak Konsumsi

    0
    5

    Ilustrasi hewan kurban.(FOTO:bp.blogspot/net)

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Tanaman Pangan  dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan pengecekan terhadap bakal hewan Qur’ban guna menjamin kesehatannya. “Untuk memastikan hewan itu sehat, maka  hewan Qur’ban yang baru masuk dari luar Kabupaten dilakukan pemeriksaan  melalui Balai Karantina Hewan Kalimantan Selatan,” kata Kepala Distanpanak Kabupaten Tanbu, Abdul Karim melalui Kabid Keswan Kesmapet dan Agri Bisnis, Fitriansyah, S.IP, Kamis (8/9) di Batulicin.

    Pemeriksaan hewan Qur’ban juga sudah masuk hingga ke tingkat pedagang maupun masyarakat. Hal tersebut dilakukan, mengingat banyaknya bahaya berbagai macam penyakit yang ditimbulkan dari binatang ternak yang dapat menjangkiti konsumen daging, baik dari daging sapi maupun daging kambing. “Sebelum masuk ketingkat pedagang maupun konsumen, kelayakan Sapi Qur ban tersebut  telah dibuktikan  jaminan kesehatan itu, yakni berupa surat keterangan sehat dan di keluarkan oleh dokter hewan,” jelas Fitriansyah.

    Fitriansyah juga menambahkan, dengan adanya pemeriksaan tersebut, Distanpanak dapat menjamin dan memastikan bahwa daging qur’ban dari hewan ternak yang diperjual belikan aman untuk dikonsumsi. “Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan hewan  yang akan  dijual  agar tidak terkena penyakit hingga layak dikonsumsi. Sementara itu, hasil pengecekan pada umumnya dinyatakan dengan kondisi sehat,” katanya,

    Untuk ketersediaan sapi, berdasarkan catatan Distanpanak setempat, jenis sapi berasal dari Madura dan Bali serta sapi PO (Peranakan Ongol).  Dari ketiga jenis tersebut mencapai jumlah 530 ekor, untuk jumlah sapi yang sudah beredar di masyarakat selama menjelang Idul Adha berjumlah 450 ekor, ementara stok yang tersisa di tingkat pedagang sekitar  150 ekor, dengan nilai jual dari sapi tersebut  antara 13 juta hingga 14 juta dengan nilai harga daging (Karkas) 55 kilogram hingga 60 kilogram. Kemudian, untuk ketersediaan kambing saat ini adalah 150 ekor dengan harga 2,5 Juta dengan Karkas 7 kilogram.*(JH/hum)