Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pemanfaatan HATINYA PKK

    0
    17

    Gubernur Kalimantan Selatan  H. Sahbirin Noor mengharapkan kepada masyarakat agar terus memanfaatkan Halaman Asri, Teratur , Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK.(FOTO:win/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Gubernur Kalimantan Selatan  H. Sahbirin Noor mengharapkan kepada masyarakat agar terus  memanfaatkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK. “Melalui HATINYA PKK Diharapkan Masyarakat dapat secara sadar  untuk  mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar ASRI teratur sehingga terlihat indah   dan menciptkan kenyamanan  bagi penghuninya,” kaata Sahbirin Noor saat memberikan sambutan dalam penilaian HATINYA PKK di Desa Batulicin Irigasi Minggu (25/9).

    Menurutnya, salah satu sumber pendapatan dan peningkatan ekonomi  keluarga yaitu dengan memanfaatkan dan memaksimalkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan harian bahkan untuk menambah penghasilan, kerenanya gerakan HATINYA PKK juga perlu mendorong  agar masyarakat dapat melakukan pemanfaatan pekarangan rumah dengan sebaik baiknya.

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming menyambut kedatangan Gubernur Kalselyang hadir  bersama Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan selatan Hj. Raudhatul Jannah beserta rombongan sekaligus mendampingi Tim Penilai dari PKK.(FOTO:win/hum)

    Selain akan  terlihat teratur, asri dan rapi, pemanfaatan pekarangan yang maksimal nantinya akan dapat menjadikan sebagai lumbung hidup yakni dengan menanam singkong, talas, jagung atau ubi jalar. Tanaman-tanaman tersebut merupakan bahan makanan yang mengandung karbohidrat yang diperlukan untuk tubuh kita, kemudian darui segi pemenuhuhan sumber lain, dapat membuat kolam ikan atau berternak, yang mana hasilnya sebagai sumber protein.

    Sahbirin menambahakan, selain menunjang ekonomi keluarga, jenis tanaman karbohidrat juga akan turut menjadi pemenuhan gizi masyarakat itu sendiri. “Saya meyakini apabila setiap rumah tangga dan keluarga dapat melakukan hal ini tentunya akan membantu keluarga dalam meningkatkan gizi keluarga bahkan lebih jauh dapat menciptakan  peningkatan  kualitas sumber daya manusia yang diharapkan,” terangnya.

    Dengan peningkatan gizi, kedepannya akan mampu menciptakan manusia- manusia yang berkualitas. Oleh kerena itu mari manfaatkan pekarangan rumah  masing-masing, selain mendorong peningkatan ekonomi keluarga, yang tak kalah penting adlah pemenuhan gizi keluarga itu sendiri.

     

    Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming mendukung penuh pemanfaatan pekarangan rumah yang menjadi program unggulan TP PKK Kab Tanah Bumbu, dengan menyambut langsung kedatangan Gubernur Kalselyang hadir  bersama Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan selatan Hj. Raudhatul Jannah beserta rombongan sekaligus mendampingi Tim Penilai dari PKK Pusat Drs. H. Johan Susmono.*(JH/hum)