Pantai Angsana Raih Penghargaan Toilet Terbersih

    0
    3

    FOTO:win/hum

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Objek Wisata Pantai Angsana yang berada di Desa Angsana, Kec. Angsana, Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) mendapat predikat terbaik dalam Lomba Sapta Pesona Dengan Toilet Terbersih Tahun 2016. “Penghargaan diserahkan pada saat Festival Budaya Pasar Terapung Tahun 2016 di Banjarmasin, yang diserahkan oleh Kepala Disporbudpar Kalsel Drs. H. Mohandas H. Hendrawan kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Angsana, Roni,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Tanbu H. M. Thaha melalui Kepala Bidang Pariwisata, Samsir, Jumat (30/9) di Batulicin.

    Terpilihnya objek wisata angsana dengan toilet terbersih di Kalsel karena sejumlah fasilitas dan kebersihannya yang selalu terjaga. Sedikitnya terdapat 10 toilet di objek wisata pantai angsana sudah menerapkan sistem Septic Tank Biofil. Dimana dengan sistem tersebut, maka sisa-sisa makanan hasil pembuangan dari pengunjung akan terserap dan tersaring dengan cepat sehingga tidak meninggalkan bau. “Air yang keluar dari Biofil sudah ramah lingkungan dan tidak mencemari air tanah sekitarnya, selain itu juga terdapat fasilitas pendukung lainnya yang ada di objek wisata angsana seperti ruang pemandian,  mushola dan tempat sampah untuk kenyamanan pengunjung,” kata Samsir.

    Samsir menambahkan, Objek Wisata Pantai Angsana merupakan objek wisata unggulan di Kabupaten Tanah Bumbu yang memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga kenyamanan pengunjung sangat diperhatikan. Selain menerima penghargaan Sapta Pesona Toilet Bersih Tahun 2016,  Tanah Bumbu juga meraih Juara III Rumah Makan Terbaik dalam rangka penerapan Sapta Pesona (Aman, Tertib, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan se-Kalimantan Selatan Tahun 2016 yang diterima oleh Rumah Makan Papaben.*(JH/relhum)