Awas, Filariasis di Sekitar Anda

    0
    15

    FOTO:dd/hum

    BATULICIN,BalarindangNews.com-Untuk mencegah merambahnaya penyakit Filariasis atau yang lebih dikenal dengan penyakit kaki gajah, Dinas Kesehatan kab Tanah Bumbu, melaksanakan pengobatan massal dalam pencegahan penyakit kaki gajah yang dilakukan secara penyaringan (Screening) oleh dr Dicky di Kantor Seketariat Daerah kab Tanah Bumbu, kamis (6/10) kemarin.

    Screening dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit yang belum tampak melalui suatu tes atau pemeriksaan sebelum warga  mengonsumsi obat pencegahan penyakit berbahaya, “warga yang memiliki riwayat salahsatu penyakit  berat harus dipisahkan dengan warga yang tidak memiliki sama sekali, sehingga dalam  pengobatan massal nanti dipastikan aman saat mengonsumsinya,” kata dr Dicky.

     

    Mengingat  penggunaan obat  itu juga tidak berlaku bagi  anak kurang dari 2 tahun, Ibu hamil, maupun menyusui, kemudian orang sedang sakit berat , kasus kronis filariasis dalam serangan akut hingga pasien yang memiliki  riwayat penyakit  berat terutama pembuluh darah maupun jantung. Tidak sembarang warga  dapat mengkonsumsi obat pencegahan penyakit berbahaya itu,  bilamana kondisi kesehatan warga belum mengharuskan ikut dalam pengobatan  massal. Kegiatan Screening filariasis tidak hanya merambah ke desa-desa, namun juga di lakukan ke berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tanah Bumbu.*(JH/Relhum)