Tanbu Siapkan Pemimpin Muda Visioner dan Berakhlak

    0
    6

    Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang  Pembangunan, Bakhriansyah memberikan sambutan dalam kegiatan LDK.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Untuk membentuk karakter siswa-siswi agar mempunyai jiwa kepemimpinan yang berkarakter, visioner, jujur dan disiplin, bertanggung jawab serta berakhlak mulia. Selasa (4/10), SMA Negeri 1 Mantewe, Kec. Mantewe menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang bertemakan “Kepemimpinan Untuk Mempersiapkan Pemimpin Muda Yang Visioner dan Berakhlak”.

    Dalam kegiatan yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang  Pembangunan, Bakhriansyah tersebut, diikuti oleh sedikitnya 241 pelajar Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) yang terdiri dari siswa-siswi kelas 1 dan kelas 2 SMAN 1 Mantewe. Sedangkan waktu pelaksanaan LDK dilaksanakan selama 2 (dua) Hari dari tanggal 4 sampai 5 Oktober 2016 dengan materi yang disampaikan yaitu 1), Yang Muda Yang Memimpin (Menemukan Arah Perubahan Yang Lebih Baik Pada Pemimpin Bangsa). 2), Konsep Bela Negara Dalam Perspektif NKRI, 3), Kepemimpinan Yang Visioner, Berintegritas dan Merakyat, 4), Pendidikan Sebagai Basis Kaderisasi Pemimpin Bangsa, 5) Kepemimpinan Rasulullah Dalam Perspektif Leadership Moderen, dan 6) Workshop Pembuatan Surat, Proposal, dan LPJ Resmi.

    Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bakhrianyah pada saat pembukaan LDK menyampaikan, kegiatan LDK sangat penting untuk diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, khususnya bagi generasi muda di Tanah Bumbu yang merupakan kader pemimpin bangsa dimasa mendatang. “LDK ini menjadi salah satu strategi yang tepat dalam upaya mencetak generasi muda penerus pembangunan bangsa yang tangguh, berkepribadian, memiliki daya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab,” kata Bakhriansyah.

    Salah satu pelajar antusias mengikuti LDK yang digelar oleh SMA N 1 Mantewe.(FOTO:dd/hum)

    Generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju dan sejahtera.  Untuk itulah, maka pemuda harus dibekali dengan pola pemikiran, jiwa kepemimpinan,  dan skill yang positif. Bupati juga mengajak agar para pelajar untuk terus meningkatkan kualitas belajar serta meningkatkan semangat menambah ilmu pengetahuan.

    Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Mantewe, Surana, menyebutkan, LDK yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Mantewe merupakan yang ke 14 kalinya dilaksanakan. “LDK merupakan kegiatan tahunan yang kami laksanakan di SMAN 1 Mantewe, dan tahun ini adalah yang ke 14 kalinya kami laksanakan,” jelasnya.*(JH/relhum)