Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Bupati Akan Bagikan 1 Ton Bibit Padi

    0
    12

    FOTO:win/hum

    KUSAN HILIR, BalarindangNews.com-Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus mewujudkan swasembada beras, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming menjalin kerjasama bersama masyarakat dengan memberikan bibit padi sebanyak 1 ton di beberapa kecamatan. “Berhubung kami tidak punya lahan, maka kami butuh kerjasama dengan masyarakat untuk siap menyewakan lahannya, dan hasil dari pembibitan itu akan diberikan kepada  petani secara cuma cuma,” kata Bupati saat memberi sambutan dalam acara Panen Raya di Desa Salimuran, Kec Kusan Hilir, Rabu (2/11).

    Dijalinnya kerjasama tersebut karena minimnya lahan yang dimiliki pemerintah daerah, sehingga dalam rangka mewujudkan target tersebut, perlu dilakukan kerjasama dengan masyarakat berupa penyediaan lahan. Dalam 1 ton bibit padi dibutuhkan lahan kurang lebih 50 ha, oleh karena itu, nantinya akan memerlukan lahan petani di beberapa kecamatan. Bibit padi yang disiapkan merupakan bibit pilihan terbaik yang kedepannya akan di kelola oleh petani Tanah Bumbu sendiri.

    Selain itu, kedepannya Bupati juga akan meningkatkan taraf kesejahteraan petani melalui pengembangan tanaman jagung. Untuk itu, pemerintah daerah nantinya juga akan menyiapkan pupuknya dan sekaligus membeli bibit jagung. Pemerintah daerah juga telah menjalin  kerjasama dengan pemerintah kabupaten Tanah Laut, agar hasil dari tanaman jagung tersebut bisa di beli kembali oleh kabupaten Tanah Laut itu. “Para petani jangan  hanya mengandalkan tanaman padi semata. Namun pada saat kemarau tiba,   lahan itu  bisa dimanfaatkan   untuk di tanami jagung,” kata Mardani

    Upaya untuk  meningkatkan   kesejahteraan petani tidak hanya pada peningkatan produksi  padi dan jagung. Akan tetapi, pemerintah daerah sudah mengarah pada peningkatan kesejahteraan petani sawit melalui pola tumpang sari yang lebih baik melalui pola tumpang sari. “Saat ini pemerintah daerah sudah mendatangkan ahli pertanian lulusan Jepang, dan berencana membuat varietas baru  dalam pengembangan tanaman talas dan lengkuas. Kemudian  hasilnya nanti akan kita kirim ke negara Jepang, sehingga hasilnya akan  memberikan dampak kesejahteraan  bagi petani,” papar Mardani.*(JH/hum)