Sektor Perikanan Berkontribusi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

    0
    10

    Wakil Ketua TP-PKK Kab Tanbu H. Sadariah Sudian Noor menebar bibit ikan dalam kegiatan pengembangan perikanan metode karamba jaring apung.(FOTO:ES)

    KUSAN HILIR, BalarindangNews.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan perokonomian di masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kab Tanah Bumbu (Tanbu) terus melakukan pengembangan budidaya ikan melalui metode karamba jaring apung dengan memanfaatkan lingkungan. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Ketua TP-PKK Kab. Tanbu, H. Sadariah Sudian Noor, di Desa Pakatelu, Kec Kusan Hilir, Senin (7/11).

    Kegiatan tersebut di buka secara simbolis dengan pelepasan bibit ikan nila oleh H. Sadariah Sudian Noor. Kegiatan juga dirangkai dengan pembukaan Istana Kuliner Prima Rasa hasil  binaan Dislutkan bersama PKK Tanbu yang menyajikan olahan ikan khas Tanah Bumbu. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membuka usaha baru yang berdampak pada kemajuan ekonomi masyarakat.

    Wakil Ketua TP-PKK Kab. Tanbu, H. Sadariah Sudian Noor menyampaikan, di bukanya Istana Kuliner tersebut merupakan bentuk kerja keras dari Dinas Perikanan dan Kelautan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat Tanbu khususnya pembudidaya ikan. “Hal ini merupakan inovasi Dinas Perikanan dan Kelautan Tanah Bumbu untuk menonjolkan ke-khas-an wisata kulinernya, serta mendorong terciptanya masyarakat yang kreatif dalam pengembangan di bidang perikanan,” katanya.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs. H. Rahmat bersama Camat Kusan Hilir Nahrul Fajeri menabur bibit ikan ke dalam karamba jaring apung.(FOTO:ES)

    Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Drs. H. Rahmat mengatakan, “Dengan disemangati dan dukungan ibu-ibu PKK serta seluruh pihak, kedepannya akan menghadirkan pusat jajanan dan oleh-oleh Tanbu, baik berupa olahan ikan maupun jajanan lainnya,” paparnya.

    H. Rahmat juga berharap, dengan adanya pengembangan sektor perikanan yang berbasis ekonomi kreatif, dan tersediannya lahan pembudidayaan dapat menunjang terwujudnya masyarakat yang sejahtera. “Kita melihat banyaknya pengangguran, dengan potensi anak sungai yang memadai, diharapkan mereka akan meniru usaha semacam ini, dari mulai pembudidayaan dan penyaluran hasilnya. Selain itu, dengan tersedianya hasil ikan yang cukup, tidak perlu lagi mendatangkan ikan dari luar daerah,” jelasnya.

    Disisi lain, Muchyar, salah satu pengunjung dibukannya usaha baru pengembangan sektor perikanan tersebut mengatakan, “Program semacam ini perlu di dukung dari semua pihak, dan diharapkan mampu memberdayakan masyarakat agar kedepannya dapat mengemasnya menjadi mina wisata, sehingga turut berdampak pada pembangunan sektor wisata,” katanya.*(JH/BNews)