Dua Desa Rawan Pangan Terima Bantuan

    0
    7

    FOTO:dd/hum

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Dua Desa di Kecamatan Kusan Hilir, Senin (28/11) kemarin mendapat bantuan pangan dari pemerintah Kab. Tanah Bumbu (Tanbu). Hal tersebut merupakan upaya penanganan terhadap daerah yang produksi pangannya sangat rendah, “penyerahan bantuan cadangan pangan ini dalam rangka penanganan daerah rawan pangan,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah (KPD) Tanbu Ir. Akhmad Fauzi, di Batulicin.

    Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. H. Said Akhmad, M.M. tersebut diterima langsung oleh masing-masing Kepala Desa penerima bantuan pangan, yaitu Desa Serdangan dan Desa Karya Bhakti di Kecamatan Kusan Hilir.

    Akhmad Fauzi juga menjelaskan, dua desa tersebut masuk dalam daerah rawan pangan disebabkan tanaman padi yang di tanam oleh petani setempat terkena banjir sehingga tidak memiliki stok pangan. Dengan gagalnya tanaman padi petani tersebut membuat warga di dua desa kesulitan memenuhi pangan keluarga.

    Total bantuan pangan sebanyak 1.725 kg, yang diperuntukan bagi Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir sebanyak 75 KK dan untuk Desa Karya Bhakti Kecamatan Kusan Hilir untuk 40 KK.

    Selain itu, pemberian bantuan juga dilatar belakangi tidak termasuknya dua desa tetsebut dalam desa yang mendapat beras raskin dari pemerintah pusat. Untuk itu, maka Pemkab Tanbu segera menyalurkan bantuan pangan berupa beras untuk memenuhi pangan keluarga di desa tersebut. “Beras diambil dari gudang cadangan pangan milik Pemkab Tanbu. Bantuan berupa beras sebanyak 15 Kg/kk,” ujar Ir. Akhmad Fauzi.*(JH/rel)