Jelang Natal dan Tahun Baru 2017, Polres Tanbu Gelar Operasi Lilin

    0
    3

    Wakapolres Tanbu Kompol Norhayat, SIK melakukan pengecekan kesiapan akhir pelaksanaan Operasi Lilin Intan 2016.(FOTO:dd/hum)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Polres Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Intan 2016 di Halaman Mapolres Tanbu. “Operasi lilin terpusat ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017,” kata Wakapolres Tanbu Kompol Norhayat, SIK, Kamis (22/12), di halaman Mapolres Tanbu.

    Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2016 juga dihadiri Dandim 1022 Tanah Bumbu Letkol CZI Andi Setiawan, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Mustaing, Pejabat dilingkup Polri dan TNI,  , pejabat di Kejaksaan Negeri Batulicin, beserta undangan lainnya.

    Kompol Norhayat, SIK juga menyampaikan, operasi kepolisian terpusat dilaksanakan mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dan dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Polri mulai dari tingkat Polri hingga satuan wilayah. Operasi Lilin 2016 melibatkan Polri dan TNI, serta personel  gabungan terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan instansi terkait lainnya. Dalam operasi lilin 2016 didirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan untuk memberikan pengamanan Kamtibmas.

    Dia juga menjelaskan, perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan momentum libur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi masyarakat ditempat tertentu seperti tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandar udara, terminal, dan tempat-tempat lainya. “Peningkatan aktifitas masyarakat ini harus di antisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. Untuk itu Polri menggelar operasi lilin 2016,” katanya.

    Selain itu, operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan preventif (mencegah) dan preemtif (mengimbau) yang didukung dengan tindakan deteksi dini untuk menjaga Kamtibmas. Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan yang diberikan.*(JH/relhum)