Raperda Inisiatif DPRD Diharapkan Dorong Keberhasilan Pembangunan

    0
    14

    FOTO:win/hum

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (29/12) menggelar rapat paripurna pendapat akhir Eksekutif terhadap 6 (enam) buah Raperda inisiatif DPRD di gedung DPRD kawasan jalan H.M Amin, Sepunggur.

    Raperda yang merupakan insiatif dari pihak DPRD tersebut adalah Raperda tentang Perlindungan Petani Plasma Kelapa Sawit, Raperda tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern, Raperda tentang Ijin Usaha Depot Air Minum, Raperda tentang Pemberdayaan Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan, Raperda tentang Penagihan Pajak Daerah Dengan Surat Paksa, dan Raperda tentang  Pendidikan Al Qur’an.

    Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming melalui Sekretaris Daerah Tanbu Drs. Said Akhmad menyampaikan, dengan telah disetujuinya 6 buah raperda inisiatif tersebut, tahapan berikutnya yang akan dilaksanakan adalah verifikasi dan evaluasi ke Provinsi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, dan Permendagri Nomor 80 Tahun 2015, tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah. Hal tersebut dilakukan agar menjadi pedoman dalam penyusunan dan pembentukan peraturan daerah yang lebih terencana, terpadu dan sistematis. Sehingga perundang-undangan daerah tetap berada pada sistem hukum nasional.

    Sekda juga berharap, “dengan adanya enam Raperda ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dan dapat segera tersosialisasikan kepada masyarakat secara tepat, sehingga dapat mendorong terciptanya keberhasilan pembangunan di Bumi Bersujud, khususnya dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat Bumi Bersujud,” katanya.*(JH/relhum)