Mardani Lantik 52 Kepala Desa se-Tanah Bumbu

    0
    17

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming melantik 52 Kepala Desa secara serentak.(FOTO:ES/BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Saudara, Sabtu (31/12), Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming melantik sedikitnya 52 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa yang diselenggarakan secara serentak oleh pemerintah kabupaten Tanbu 27 November lalu. Pelantikan Kepala Desa Periode 2016-2022 dilakukan di kawasan objek wisata Pantai Rindu Alam, Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir. “Ini merupakan pelantikan pertama di Kab. Tanbu, secara serentak, yaitu 52 kepala desa dari 10 kecamatan, dan Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Mardani usai pelantikan.

    Sebanyak 52 Kades periode 2016-2022 yang dilantik tersebut terdiri dari beberapa Desa dari 10 kecamatan yang ada di Kab. Tanbu, yakni 5 Desa dari kec. Kusan Hulu, 4 Desa dari kec. Simpang empat, 6 Desa dari kec. Mantewe, 5 Desa dari kec. Karang Bintang, 7 Desa dari kec. Sungai Loban, 5 Desa dari kec. Kusan Hilir, 13 Desa dari kec. Satui, 3 Desa dari kec. Angsana, 2 Desa si kec. Batulicin, dan 2 Desa dari kec. Kuranji. Perlu diketahui, dari 140 Desa yang ada di Kab. Tanbu, hanya 52 Desa yang mengikuti Pilkades serentak, mengingat Desa lainnya masih memiliki kepala desa yag masih aktif jabatannya. Meski  digelar di tempat terbuka, namun tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan pelantikan.

    Bupati Tanbu Mardani H. Maming melakukan penyematan terhadap Kepala Desa yang telah di lantik.(FOTO:ES/BNews)

    Acara pelantikan juga dihadiri Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor, sejumlah pejabat di lingkup pemerintahan Kab. Tanbu, kerabat kepala desa yang dilantik, serta tamu undangan. Selain itu, seluruh pengunjung yang hadir di objek wisata Pantai Rindu Alam juga dapat menyaksikan secara langsung jalannya pelantikan.

    Mardani juga berharap, dengan telah di lantiknya 52 kades tersebut, pemerintah desa sebangai unsur terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam desa masing-masing, diharapkan dapat menjalankan tugasnya sehingga berjalan selaras sesuai visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, serta kedepannya para kades mampu bekerja sesuai aturan dan dapat merangkul seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam hal pembagunan desa. “Harapan kami agar kades yang telah dilantik bersinergi dengan visi misi Kab. Tanbu sesuai RPJMD periode ke dua saya menjabat, terutama di bidang kesehatan, pendidikan, dan peningkatan objek wisata,” katanya.

    Sementara itu,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tanbu, Suwignyo, S. Sos mengatakan, “dari mekanisme awal pemilihan dan pelantikan sudah sesuai dengan prosedur, dan mematuhi perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.*(JH/ES/BNews)