Beberapa Daerah Intensitas Hujan Tinggi Disertai Petir

    0
    9

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP.(FOTO : doc/BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan (Kalsel) memprediksi hujan masih akan terus mengguyur wilayah kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) hingga 30 Januari 2017. Nelayan tradisional dihimbau agar mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan petir untuk beberapa hari ke depan di perairan timur dan selatan Kalimantan.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP mengisyaratan kepada para nelayan yang menggunakan armada tradisional tidak memaksakan diri untuk turun melaut. “Diperkirakan cuaca di tengah laut sewaktu waktu bisa berubah, apalagi saat ini kecepatan angin dari arah barat sangat tinggi sehingga memicu gelombang laut yang tinggi dan membahayakan keselamatan para nelayan,” papar Eka.

    Prakiraan cuaca di wilayah Batulicin, Kab Tanah Bumbu.(FOTO : Ist)

    Dalam beberapa pekan ini, cuaca di Tanbu menunjukkan curah hujan yang lebat disertai angin kencang sehingga intensitas hujannya bervariasi, dari yang sedang hingga intensitas hujan tinggi. Intensitas hujan yang tinggi tersebut disebabkan dari peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Intensitas hujan tinggi sering terjadi dikawasan pantai selatan seperti Pagatan, Sei Loban dan Satui, dan intensitas hujannya meningkat.

    Sementara itu, BMKG Kalsel juga menyampaikan  peringatan dini agar beberapa wilayah di kalsel untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir. Beberapa wilayah tersebut diantaranya, kab Tanbu, Kota Baru, Tabalong, Balangan, HSU, Batola, Banjarmasin, dan Banjarbaru.*(ES/BNews)