Curah Hujan Meningkat, BPBD Tanbu Pantau Lokasi Rawan Banjir

    0
    16

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kab. Tanah Bumbu, Eka Saprudin, AP, MAP. (FOTO : ES/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Tingginya curah hujan beberapa pekan ini menyebabkan beberapa daerah aliran sungai mengalami peningkatan volume debit air. Hal tersebut menjadi perhatian khusus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan untuk melakukan upaya dan patroli di daerah berpotensi bencana banjir. “Karena curah hujan yang tinggi, kita lakukan upaya dengan patroli ke berbagai daerah aliran sungai yang rawan banjir,” kata Kepala BPBD Kab. Tanbu Eka Saprudin, AP, MAP di ruang kerjanya, Kamis (2/2) siang.

    FOTO : (Ist-net)

    Beberapa daerah aliran sungai (DAS) yang dipatroli di antaranya DAS Kusan, DAS Satui, dan DAS Karang Bintang. Selain melakukan patroli, BPBD juga memonitoring tingginya debit air dengan memasang alat pendeteksi banjir atau Early Warning System (EWS) di DAS Kusan dan DAS Satui.

     


    Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tanbu memasang alat pendeteksi banjir. (FOTO : doc. BPBD Kab. Tanbu)

    Eka juga menjelaskan, selain karena tingginya curah hujan, kegiatan ini dilakukan juga untuk memberi peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir, karena mengingat keselamatan wargalah yang diprioritaskan. “Dihimbau kepada seluruh masyarakat disekitar daerah aliran sungai yang berpotensi banjir, agar lebih waspada, dan menyiapkan diri sedini mungkin untuk mengungsi apabila air meluap hingga ke pemukiman wargab,” himbaunya.

    Untuk itu  diharapkan agar warga bisa peduli dengan lingkungannya dalam rangka mewujudkan lingkungan yang aman dan bersih. Apalagi pada musim hujan seperti sekarang ini, perlu perhatian dan kewaspadaan yang ekstra guna meminimalisir dampak bencana banjir yang terus mengintai.*(JH/BNews)