BIB Tingkatkan Keselamatan Kerja

    0
    11

    Tim pelaksana kegitatan bulan K3 Tahun 2017di lingkup PT. BIB. (FOTO:Emer/BNews)

    ANGSANA, BalarindangNews.com – Memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang jatuh pada 12 Januari kemarin, PT. Borneo Indobara (PT. BIB) menggelar serangkaian acara bertemakan K3 selama sebulan penuh yang puncaknya akan dilaksanakan pada hari minggu (12/2) besok. “Kegiatan seperti ini setiap bulan kita laksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup manusia menuju masyarakat yang selamat sehat dan produktif,” kata N.Wines selaku Maneger CSR dan Eksternal PT .BIB kepada BalarindangNews.com, sabtu (11/2) kemarin.

    Manager CSR dan Eksternal PT. BIB yang sapaan akrabnya di panggil Wines ini, menyampaikan, sejak pertengahan bulan Januari kemarin berbagai kegiatan baik di internal maupun eksternal, serta beberapa jenis perlombaan sudah digelar. “Kita telah melakukan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dengan mendatangkan penyuluh dari BNN, serta berbagai lomba seperti lomba volley dan lomba keselamatan kerja,” jelasnya.

    Dijelaskannya, tujuan dari K3 sendiri tidak hanya untuk memberi perlindungan kepada tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga bagaimana dapat mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang berada di perusahaan, baik pihak manajemen, dan tenaga kerja bersama-sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

    Baliho kegiatan memperingati bulan K3 Tahun 2017 di PT. BIB.(FOTO : Anni/BNews)

    Sementara itu, HSE. Manager PT. BIB, Yudha selaku panitia pelaksana kegiatan peringatan bulan K3, menyampaikan, peringatan Bulan K3 yang bertema “Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat Yang Selamat Sehat dan Produktif” ini digelar bertujuan menanamkan budaya K3 bagi seluruh karyawan PT. BIB dan mitra kerjanya, sehingga Zero Accident dapat tercapai. “’Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk terus memberi kontribusi positif terhadap budaya K3 di lingkungan PT. BIB,” katanya.

    Bidang ketenagakerjaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan masyarakat yang mendukung prioritas program tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Program pembangunan tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja.*(Emer/Anni/BNews)