BPBD Tanbu Himbau Waspada Cuaca Ekstrem

    0
    3

    Nelayan tidak dapat melaut akibat cuaca ekstrem dan memilih memarkirkan kapalnya di pesisir pantai pagatan.(FOTO : Emer/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrim yang masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan. “Masyarakat kami himbau agar tetap waspada dan lebih berhati-hati dan waspada kapan saja, cuaca ekstrem yang dikhawatirkan dapat berpotensi puting beliung,” kata Kepala BPBD Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP kepada tim BalarindangNews.com saat dihubungi melalui via selulernya , minggu (12/2).

    Menurut perakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi cuaca ekstrim masih terus berlangsung hingga akhir bulan Februari ini. Oleh karena itu BPBD terus melakukan himbauan kepada masyarakat sekaligus peningkatan kesiap siagaan personil dalam menanggulangi bencana.

    Lebih lanjut, Eka juga menyampaikan, cuaca buruk dapat mempengaruhi ketinggian gelombang laut, sehingga pihaknya juga menghimbau bagi para nelayan untuk tidak turun melaut, “mengingat tingginya gelombang dilaut yang dapat membahayakan keselamatan, diharapkan untuk sementara waktu nelayan memarkirkan kapalnya dan tidak turun melaut,” katanya.

    BPBD Tanbu berharap, dengan meningkatkan kewaspadaan sejak dini, segala resiko yang terjadi dari berbagai bencana akibat cuaca buruk dapat diminimalisir. “Kami berharap, dampak yang ditimbulkan dari bencana akibat cuaca ekstrem dapat menurun dari tahun ke tahun, serta berbagai kerugian dapat diminimalisir,” pungkas Eka.*(JH/BNews)