BPBD Tanbu Akan Berikan Pelatihan Tanggap Bencana Kepada Masyarakat

    0
    3

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu Eka Saprudin, AP, MAP.(FOTO:Emer/BNews)

    BATULICIN,BalarindangNews.com-Dalam rangka memberdayaan masyarakat dalam menghadapi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan menggelar pelatihan kepada masyarakat dan relawan. Hal tersebut diupayakan dapat segera terlaksana mengingat musim hujan telah memasuki puncakanya.

    Kepala BPBD Tanbu Eka Saprudin, AP, MAP menyampaikan, “BPBD tentunya memiliki program pelatihan, yang kita akan segera lakukan yaitu pelatihan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih tanggap bencana dan tau apa saja yang harus dilakukan apabila tiba-tiba bencana datang,” kata Eka.

    Selain itu, Eka juga menjelaskan, tidak hanya pelatihan saja, akan tetapi berbagai tindakan penting pra evakuasi lainnya juga meski diketahui relawan. “Seperti misalnya pembuatan dapur umum, karena dalam keadaan bencana orang biasanya lebih fokus pada penyelamatan jiwa, sehingga kadang lupa setelah berhasil dievakuasi para korban juga butuh nutrisi,” papar Eka.

    Berbagai upaya dilakukan BPBD Tanbu guna meningkatkan peran serta masyarakat, khususnya kelompok rentan dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mengurangi risiko bencana sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan BPBD Kabupaten Tanah Bumbu.*(JH/BNews)