Penanggulangan Bencana, BPBD Tanbu Libatkan Pramuka Terlatih

    0
    14

    Eka Saprudin, AP, MAP, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kab. Tanah Bumbu.(FOTO : doc/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Mengatisipasi berbagai bencana yang ditimbulkan dari musim hujan yang masih berlangsung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kab. Tanah Bumbu (Tanbu) akan menggandeng Pramuka dalam rangka memperbanyak elemen masyarakat dalam penanggulangan bencana. “Pihak kami akan bekerjasama dengan pramuka, guna menyiapkan personil yang terlatih dalam penanggulangan bencana,” kata Eka Saprudin, AP, MAP selaku Kepala BPBD Tanbu, rabu (1/3) tadi.

    Melalui keterlibatan anggota pramuka, nantinya akan difokuskan pada pembentukan satuan tugas siaga bencana gerakan pramuka. Dengan kerjasama yang terjalin, Pramuka juga akan dibekali ilmu tentang kebencanaan serta bagaimana penanggulangan bencana baik pencegahan, penanganan maupun setelah bencana terjadi. Dengan demikian, semakin banyaknya tenaga terlatih dalam menanggulangi bencana, maka kedepannya dapat meminimalisir korban jiwa.

    Lebih lanjut Eka menjelaskan, dilibatkannya pramuka dalam penanggulangan bencana menjadi bagian dari upaya Kab. Tanbu menambah terobosan dan inovasi pelayanan publik. Kerja sama yang dilakukan ini dalam rangka menjalin hubungan, koordinasi, sinergitas, penyampaian informasi yang lebih cepat, dan penanganan tepat dalam pengurangan resiko bencana. “Dengan menggandeng pramuka secara khusus, makan mereka akan memiliki bekal ilmu dan pelatihan ketrampilan dalam penanggulangan bencana di Kab. Tanbu, sehingga dapat mengurangi berbagai resiko bencana,” terangnya.

    Selain itu, dengan dilibatkannya anggota Pramuka dalam penanggulangan bencana, dapat menanamkan kesadaran kebencanaan sejak dini kepada generasi muda. Sekaligus meningkatkan kapasitas, kualitas dan kuantitas penanggulangan bencana di Kab. Tanah Bumbu.*(JH/BNews)