Wisata Adat Tanbu Mampu Bersaing dengan Dearah Lain

    0
    14

    Prosesi adat melarung dalam pesta budaya Mappanreritasi. (FOTO : doc/ BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Tanah Bumbu (Tanbu) merupakan salah satu wilayah maritim di Kalimantan selatan, yang memiliki beragam budaya dan dikemas dalam event setiap tahunnya. Potensi wisata tersebut dikenal dengan pesta budaya Mappanreritasi yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan daerah lainnya. “Tanah Bumbu juga memiliki potensi wisata yang menarik yang mampu bersaing dengan daerah lain,” tegas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab. Tanbu Nahrul Fajeri, S.Pd, M.Pdkepada BalarindangNews.com, Rabu (1/3) siang tadi.

    Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab. Tanbu Nahrul Fajeri, S.Pd, M.Pd. (FOTO : JH/BNews)

    Dia juga menjelaskan, Mapparenritasi ialah pesta budaya berbasis masyarakat, berupa prosesi adat dengan melarungkan beberapa hasil bumi ke laut yang dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah yang melimpah dari hasil laut selama satu tahun. “Acara ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat nelayan atas hasil laut yang melimpah,” kata Nahrul.

    Pesta Budaya Mappanreritasi akan digelar selama tiga pekan, dengan diisi sejumlah kegiatan dari mulai bazar, panggung hiburan, festival budaya, hingga acara-acara yang telah dikemas guna memeriahkan event nasional ini. “Untuk pesta adat Mappanretasi Tahun 2017, pelaksanaanya dimulai seperti biasa yaitu pada tanggal 8 April 2017 yang bertepatan dengan Hari Jadi Kab. Tanah Bumbu dan puncaknya akan dilaksanakan pada 30 April 2017. Selama hampir tiga pekan akan diisi dengan beragam kegiatan,” paparnya.

    Dijelaskannya, Pesta Budaya Mappanretasi bertujuan untuk menggali dan melestarikan nilai budaya, pemeliharaan lingkungan sekitar, peningkatan taraf hidup sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi nilai budaya, serta guna menarik minat investor dalam rangka memajukan sektor pariwisata guna mewujudkan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya.*(JH/BNews)