Wujudkan Perilaku Hidup Bersih Melalui Posyandu Desa

    0
    7

    Ilustrasi Posyandu. (FOTO : tstatic.net)

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Tanah Bumbu (Tanbu) menghimbau agar fungsi posyandu sebagai sarana kontrol kesehatan masyarakat di setiap desa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. “Pemerintah menyediakan Posyandu sebagai sarana mengontrol kesehatan masyarakat, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata H. Damrah S. Sos, M. Si selaku Kepala Dinkes Tanbu kepada BalarindangNews melalui sambungan telepon, Rabu (8/3) siang.

    Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

    Peranan Posyandu yang strategis dalam menciptakan SDM berkualitas sejak dini, perlu ditindak lanjuti dengan penguatan terhadap lembaga tersebut. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di  masyarakat, termasuk kader.

    Lebih lanjut H. Damrah menjelaskan, peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. “Aparat pemerintah desa, pemuka masyarakat, dan kader memiliki peran aktif untuk menghimbau ataupun mengajak masyarakat setempat untuk memanfaatkan posyandu,” jelasnya.

    Dengan demikian, diharapkan seluruh element masyarakat untuk saling bahu membahu dengan pihak pemerintah agar kesehatan masyarakat terjaga dan terkontrol setiap saat. “Kita berharap, masyarakat secara rutin memeriksakan kesehatan di posyandu terdekat,” tandas Kadis.*(JH/BNews)