BPBD Tanbu Segera Miliki Pusdalop

    0
    8

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Eka Saprudin AP, MAP. ( FOTO : JH/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan segera memiliki sistem informasi bencana dalam bentuk Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalop). “Sekarang ini sudah mulai tahap lelang, pengerjaanya bisa di mulai bulan mei atau juni,” kata Eka Saprudin AP, MAP selaku Kepala BPBD Tanbu kepada awak media, Jum’at (10/3) siang.

    Pembangunan Pusdalop merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas dalam menanggulangi bencana, sehingga pembangunannya menjadi salah satu prioritas daerah. Anggaran pembangunan Pusdalop sendiri bersumber dari dana APBD, sedangkan peralatannya merupakan bantuan dari pusat.

    Eka juga menyampaikan, dengan adanya Pusdalop, nantinya memiliki fungsi merangkum semua informasi tentang cuaca, bencana dan iklim. “Jadi di Pusdalop selain kita bisa memberikan informasi cuaca setiap hari, kita juga dapat mendeteksi adanya bencana, sehingga kita dapat mengantisipasi sejak dini pengurangan resiko bencana, karena prediksi bencana bisa disampaikan sejak awal pada masyarakat,” terangnya.

    Selain itu, fungsi lain Pusdalop yaitu sebagai pemantau keadaan dan situasi wilayah juga persiapan pada saat penanganan bencana. Mengingat, dengan adanya Pusdalop, maka segala kejadian yang ada di Tanah Bumbu wajib dilaporkan ke pusat. Dengan jangkauan langsung ke pusat inilah, sehingga data dapat dengan mudah ditindaklanjuti. “Dengan adanya pelaporan wajib dari Pusdalop Tanbu, pusat bisa melihat data, misalnya berapa data jumlah KK yang dilanda banjir, jadi bantuan yang akan dipersiapkan di kab Tanbu sudah bisa diperkirakan. Selain itu dapat memperhitungkan kerusakan pasca bencananya, jadi data itu sudah masuk, kita hanya tinggal mengajukan secara administrasi saja,” papar Eka. *(JH/BNews)