Manfaat Kesehatan Dibalik Berhijab

    0
    18

    Ilustrasi wanita berhijab. (FOTO : indahsuaranews.com)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Berhijabnya seorang muslimah adalah merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Allah dan Rasul-Nya. Seseorang tidak akan merasakan manisnya iman manakala ia enggan merealisasikan, mengaplikasikan, serta melaksanakan segenap perintah Allah dalam kehidupannya.

    Menggunakan hijab, selain untuk meningkatkan ketaqwaan seorang muslimah, ternyata berhijab memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ditilik dari sisi medis, inilah beberapa manfaat menggunakan hijab: 

    1. Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita 

    Terpaparnya rambut langsung dengan sinar matahari, debu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang terdapat diudara dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut. Muslimah yang berhijab otomatis melindungi rambutnya dari dampak tersebut sekaligus memelihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe. 

    2. Hijab Dapat Mencegah Terjadinya Kanker Kulit 

    Paparan sinar matahari yang berlebih kurang baik bagi kesehatan kulit. Dengan memakai hijab yang sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit, sebab kulit perempuan memiliki daya tahan lebih rendah dibanding kulit pria. Sinar Ultra Violet (UV)  matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. 

    3.    Memperlambat Penuaan Dini

    Dengan berhijab, para muslimah akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari, sehingga kulit akan terlindung dari paparan sinar matahari yang dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin serta kolagen pada kulit. Hal tersebut dapat mengakibatkan kulit menjadi tidak lentur dan keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. 

    4.   Radang Kulit Bagian Luar

    Banyak keluhan timbulnya kulit bersisik dan kasar, hal tersebut diakibatkan dari terkena paparan Ultra Violet (UV) sinar matahari yang berlebihan. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat memicu timbulnya kerusakan kulit. Dengan memakai hijab, semua bagian tubuh wanita akan terlindungi dari paparan UV sinar matahari terutama terhadap terjadinya radang kulit bagian luar (Solar Keratoses).

    Nah, itulah beberapa manfaat hijab yang kita gunakan yang ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Menggunakan hijab tidak semata menutupi aurat, sebab dengan berhijab tentu dan sudah pasti terhormat dimata Allah SWT. Dengan demikian manfaat bersamaan yang kita dapat ialah terjaga kebersihan diri maupun hati.*(BNews/Disarikan dari berbagai sumber)