Kemeriahan HUT Tanbu ke-14 dan Pembukaan Pesta Adat Mappanretasi

    0
    15

    Festival Gunungan Kandrejawapute berlangsung meriah.(FOTO : ES/BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com– Peringatan Hari Jadi Tanah Bumbu (Tanbu) ke-14 sekaligus pembukaan Pesta Adat Mappanretasi Tahun 2017, Sabtu (8/3) berlangsung meriah. Perayaan ditandai dengan acara ceremonial yang menyuguhkan hiburan seni dan Budaya Tanbu yang dilanjut gelar Festival Gunungan Kandrejawapute pada siang harinya.”Dengan berbagai kegiatan Hari Jadi dan Mappanretasi ini kita ingin tunjukan bahwa Tanbu memiliki potensi wisata yang lengkap. Baik alam, pantainya, budaya, senjarahnya dan wisata kulinernya,” kata Bupati.

    Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming turut serta dalam Festival Gunungan Kandrejawapute.(FOTO : JH/BNews)

    Festival Gunungan Kandrejawapute dilepas secara langsung oleh Ketua Lembaga Adat Ade Ogie H. Burhansyah yang didampingi Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporpar) Tanbu Nahrul Fajeri, S. Pd, M. Pd untuk melintasi jalan P. Antasari, dilanjutkan jalan Arif Rahman Hakim, menuju jalan H.M Badri, kemudian ke jalan A. Yani dan berakhir di halaman daya tarik wisata Pantai Pagatan.

    Arak-arakan Gunungan Kue diiringi pertunjukan seni dan budaya.(FOTO :BNews)

    Arak-arakan Festival Gunungan Kanrejawa Pute direncanakan akan rutin dilakukan setiap tahunnya. Kemeriahan Festival Gunungan Kanrejawapute semakin terlihat saat gunungan si raja kue ini diarak menyerupai karnaval mengelilingi lintasan datar kota pagatan dan diiringi beragam pertunjukan kesenian hasil akulturasi dari beberapa etnis di Tanbu, pengunjung juga makin membludak saat prosesi pelepasan balon terbang yang mengisyaratkan waktu perebutan kue putih ini oleh seluruh masyarakat. Gegap gempita seluruh masyarakat seolah menggambarkan kegembiraan dan menyambut usia dewasa si Bumi Bersujud serta sebagai simbol kebersamaan dan harapan mendapat keberkahan.

    Sementara itu, Emer Sueb selaku fasilitator Pemda untuk mendatangkan Tim Liputan MNC TV benyampaikan, “saya berharap Hari Jadi Tanbu di tahun berikutnya, akan lebih meriah, dan masyarakat juga ikut berpartisipasi, bahkan semua etnis yang ada di Tanbu dapat menunjukan ciri khasnya, baik kuliner maupun seni budayannya untuk ditampilkan dalam perayaan Hari Jadi, sehingga masyarakat benar-benar menikmati hasil pangan, seni budaya dan segala sesuatunya yang dipersembahkan melalui festival ini,” paparnya.

     

    Dia juga menambahkan,dengan adanya promosi melalui media TV dan Digital, wisata Tanah Bumbu dapat dikenal luas, sehingga meningkatkan pengunjung yang berdampak pada kemajuan di sektor pariwisata.*(JH/BNews)