Menjaga Kelestarian Permainan Tradisional Balogo

    0
    13

    Mayarakat antusias mengikuti permainan tradisional balogo sebagai upaya melestarikan permainan tradisional.(FOTO : ES/BNews)

    PAGATAN, BalarindangNews.com-Budaya Permainan Tradisional Balogo yang merupakan warisan  budaya leluhur di Tanah Bumbu (Tanbu) terus dilestarikan, salah satunya dengan digelarnya lomba Balogo dalam rangkaian memeriahkan peringatan HUT Tanbu ke-14 dan Pesta Adat Mappanretasi Tahun 2017 yang dilaksanakan di kawasan daya tarik wisata Pantai Pagatan, Rabu (19/4).

    Berbagai kegiatan tradisional memang banyak digelar dalam memeriahkan HUT Tanbu tahun ini. Kegiatan yang sifatnya massal, murah dan meriah ini tentunya akan menarik minat pengunjung, khususnya masyarakat Kalsel yang ikut berpartisipasi membangkitkan kembali permainan tradisional.

    Salah satu alasan pemerintah daerah menggelar permaian tradisional balogo ialah, agar seni budaya lokal dan permaian tradisional tidak punah. Perlu adanya tindakan melestarikan nilai-nilai budaya melalui perlombaan permainan-permainan tradisional. Sebab, apabila tidak diperkenalkan kembali dalam kurun waktu tertentu itu berbagai jenis permainan tradiaional bisa punah.*(JH/BNews)