Pentingnya Pelestarian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

    0
    14

    Peserta mancing tradisional menggunakan alat yang tidak begitu berdampak negatif terhadap ekosistem laut. (FOTO : ES/BNews)

    PAGATAN, BalarindangNews.com-Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Drs. H. Rahmad, M. Pd menyambut baik dilaksanakannya lomba mancing tradisional di pesisir pantai Pagatan, “melalui lomba mancing tradisional ini, dapat sebagi sarana mengajak dan menghimbau kepada para pecinta mancing serta nelayan untuk turut menjaga sumber daya kelautan dan perikanan yang ada di wilayah Tanah Bumbu,” kata H. Rahmad kepada BalarindangNews melalui sambungan selulernya, Minggu (16/4) siang.

    Menurutnya, kegiatan lomba mancing tradisional dengan menggunakan alat pancing yang sederhana ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat pesisir dan pecinta mancing tentang pentingnya pelestarian sumber daya kelautan dan perikanan bagi kehidupan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesadaran serta tanggungjawab terhadap pelestarian, “kita perlu menumbuhkan kesadaran semua pihak untuk menjaga dan melestarikan ekosistem laut,”  jelas H. Rahmad.

    Penetapan syarat-syarat bagi peserta lomba juga perlu diapresiasi, yakni joran bambu atau fiber, tanpa pemberat, tanpa katrol, namun harus pakai pelampung. Hal ini terbukti bahwa semua pihak sangat memperhatikan kelangsungan hidup ekosistem laut dan perikanan guna menunjang terwujudnya wisata bahari yang terjaga dan tetap berkualitas.*(JH/BNews)