HKBN Menuju Masyarakat Tanggap Bencana

    0
    12

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP. (FOTO : Ist/doc BPBD Tanbu)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berharap seluruh masyarakat di wilayah Tanbu dapat terlibat dalam simulasi bencana dalam peringatan  Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada 26 April 2017. “Kami berharap masyarakat Tanbu terlibat dalam simulasi bencana guna membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia tangguh bencana,” kata Kepala BPBD Tanbu, Eka Saprudin AP, MAP,  kepada BalarindangNews.com, Rabu (19/4) melalui sambungan seluler.

    Pelaksanaan latihan serentak sangat perlu dilakukan mengingat kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik bencana dan resikonya. Selain itu, masyarakat juga kurang mewaspadai dan mempersiapkan diri dalam menghadapi ancaman yang ada disekitar, serta belum adanya pelatihan secara teratur sehingga menyebabkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan belum menjadi budaya di masyarakat.

    Eka juga menambahkan, peringatan HKBN ini sebagai ajang bagi semua elemen kesiapsiagaan bencana di kabupaten Tanah Bumbu untuk mengedukasi masyarakat agar senantiasa siap dalam menghadapi setiap bencana yang mungkin saja bisa terjadi dilingkungan sekitar kita. “Hal ini dilakukan sebagai edukasi bagi masyarakat agar lebih tanggap terhadap bahaya yang ditimbulkan dari berbagai bencana.*(JH/BNews)