Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana

    0
    7

    Simulasi dan berbagai pelatihan tanggap bencana.(FOTO :Ist)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Inisiasi dari BNPB menjadikan tanggal 26 April 2017 sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) merupakan langkah tepat untuk mewujudkan Indonesia Tangguh Bencana. “Sebagai daerah yang rawan bencana, Tanah Bumbu perlu melakukan pelatihan terpadu guna meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana,” kata Eka Saprudin AP, MAP selaku Kepala Badan Penanggulanagan Daerah (BPBD) Tanbu, Jum’at (21/4) saat dihubungi BalarindangNews.com melalui sambungan selulernya.

    Menurutnya, paradigma masyarakat mengenai bencana perlu diubah dari semula responsif menuju paradigma pengurangan resiko bencana. Sehingga dengan dicanagkannya HKBN akan membawa masyarakat menuju sikap lebih waspada untuk menghadapi berbagai bencana. Selain itu, dengan pelatihan secara serentak akan berdampak pengurangan resiko bencana mengarah pada upaya preventif sedangkan tanggap darurat dilakukan setelah bencana terjadi.

    Peringatan HKBN diikuti serentak oleh seluruh kabupaten/kota se-indonesia.(FOTO :Ist)

    Eka juga menjelaskan, pemilihan tanggal 26 April 2017, sekaligus dalam rangka memperingati 10 tahun lahirnya Undang-Undang Penanggulangan Bencana Nomor 24 tahun 2007. Undang-undang ini mengamanatkan cara pandang menyikapi bencana. Kegiatan HKBN perlu dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan mandiri secara serentak, sehubungan minimnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik dan resiko bencana. Selain itu, kewaspadaan serta kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana yang ada dilingkungan sekitarnya juga perlu ditingkatkan.*(JH/BNews)