Masyarakat Satui Gelar Pesta Pantai Mattoana Kampong

    0
    8

    Prosesi melarungkan beberapa jenis makanan ke tengah laut pada Pesta Pantai Mattoana Kampong.(FOTO : Ist)

    SATUI, BalarindangNews.com – Saudara, Sabtu (13/5) para nelayan beserta warga pesisir Desa Setarap Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Syukuran Laut yang dikenal dengan Pesta Pantai Mattoana Kampong untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan YME atas hasil tangkapan yang melimpah selama setahun penuh.

    FOTO : Ist

    Acara tersebut dihadiri langsung oleh Nahrul Fajeri, Spd, Mpd selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Selain wujud rasa syukur, kegiatan ini setiap tahun digelar oleh masyarakat nelayan untuk melestarikan budaya Matonna Kampong yang hampir hilang. “Kegiatan Mattoana Kampong selalu digelar setiap tahun oleh nelayan di sini untuk melestarikan budaya,” kata Nahrul.

    Dengan digelarnya syukuran laut tersebut, diharapkan masyarakat Desa Setarap Barat akan semakin makmur serta dengan tetap menjaga kelestarian budayanya, kedepannya Pesta Pantai Mattoana Kampong akan dapat dikenal.luas dimasyarakat luar daerah yang berdampak pada munculnya deatinasi baru di sektor pariwisata.*(BNews)