Brigade Alsintan Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas

    0
    16

    Salah satu alat mesin pertanian yang diperuntukan bagi petani. (FOTO : ES/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Konsep kerja Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dinilai turut membantu para petani dalam melakukan kegiatan dibidang pertanian sekaligus mempertahankan kualitas panen, hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu ( Tanbu) H. Setia Budi, SKM, MM kepada awak media, Senin (22/5), di ruang kerjanya.

    Setia Budi menyampaikan, mengenai peralatan pertanian baik pra panen maupun pasca panen bukan menjadi masalah utama. Saat ini Dinas Pertanian memiliki Brigade Alsintan sebagai langkah untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja di bidang pertanian sehingga mampu mempercepat  proses budidaya dan pasca panen yang efektif dan efisien yang berdampak pada peningkatan produktivitas. “Mengenai peralatan pertanian, saya rasa sudah tidak menjadi problem bagi petani, karena kita ada Brigade Alsintan,” katanya.

    Sekarang ini, petani juga dimudahkan dengan pengajuan alat yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan di bidang pertanian baik dalam hal pengairan, olah lahan dan tanam, hingga panen, “petani tidak rumit lagi, begitu mau panen, dia memerlukan alsintan, baik itu pasca panen maupun pra panen itu sudah tersedia, tinggal mengajukan permohonan melewati kepala desa bisa langsung kami respon,” terang Setia Budi.

    Dengan adanya Brigade Alsintan, diharapkan masyarakat petani dapat merubah pola pikirnya untuk dapat mengefisienkan waktu untuk mengefektifkan lahan kembali usai panen, mengingat banyaknya kemudahan dan ketersediaan alat yang diperuntukan bagi kesejahteraan petani.*(JH/BNews)