Tingkatkan Kesejahteraan Petani Melalui Penangkaran Benih

    0
    4

    FOTO : Ist

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus melakukan inovasi untuk mendongkrak penghasilan petani dalam rangka memperjuangkan peningkatan kesejahteraan petani, “terkait dengan terobosan mengenai penagkaran benih berkualitas baik adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Sesuai arahan pak Bupati, ditahun 2017 ini akan memekarkan lagi penangkaran di daerah Kusan Hulu kurang lebih 50 75 hektare.” kata H. Setia Budi selaku Kepala Dinas Pertanian Kab Tanbu, Senin (22/5), di ruang kerjanya.

    Melalui program ini, kemampuan petani ditingkatkan menjadi petani penangkar benih. Apabila program ini tidak menemui kendala, kebutuhan benih padi di kabupaten Tanbu akan terpenuhi dengan baik. Dengan pemenuhan kualitas benih tersebut, perekonomian masyarakat, khususnya petani Tanbu, akan mengalami peningkatan, “pengembangan petani penangkar benih di Tanbu ini sangat berpotensi menaikkan tingkat kesejahteraan petani setempat,” jelas Setia Budi.

    Setia Budi juga menyampaikan,  nantinya bibit unggul inilah nantinya yang akan didistribusikan ke masyarakat agar hasil produksi padi semakin baik sehingga berdampak pada daya jual yang juga akan mengalami peningkatan. Selain itu, jenis bibit yang akan di tanam di tahun ini juga lebih baik lagi dari sebelumnya, “kalau sekarang kita sudah ada beberapa varietas padi unggul yang sudah kita panen yang nantinya akan ditanam, antara lain Inpari 32, Inpari 8, Inpari 9, dan lain sebaginya yang kurang lebih ada sekitar 16 varietas,” katanya.

    Dengan dilakukannya program penangkaran benih ini tidak lain untuk meningkatkan pendapatan para petani di Bumi Bersujud. Sebab dengan penangkaran bibit, para petani tidak hanya menjual beras saja, namun juga diharapkan menjual bibit benih padi unggul yang harga jualnya lebih tinggi.*(JH/BNews)