Tingkatkan Produktivitas, Dinas Pertanian Tanbu Akan Lakukan Optimasi Lahan

    0
    5

    Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu H. Setia Budi, SKM, MM. (FOTO : ES/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan melakukan optimasi lahan pertanian seluas 2150 hektare yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Tanbu guna memaksimalkan lahan yang selama ini tidak produktif menjadi produktif.Optimalisasi lahan sekitar 2150 hektare tersebar di seluruh kecamatan, sementara ditahun 2017 direncanakan kita lakukan optimalisasi sekitar 500hektare,” kata H. Setia Budi, SKM, MM selaku Kepala Dinas Pertanian Kab Tanbu, Senin (22/5), di ruang kerjanya.

    Program Optimaasi lahan pertanian merupakan program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang bertujuan untuk memaksimalkan lahan-lahan persawahan yang selama ini dibiarkan terbengkalai untuk diproduktifkan kembali, sekaligus meningkatkan produksi padi agar terus meningkat.

    Setia Budi menyampaikan, program ini dilakukan karena lahan yang tidur merupakan lahan yang sudah berpotensi untuk bisa dikerjakan, “ini tinggal menyiapkan apa yang terkait dalam opti itu, untuk administrasinya kan tidak terlalu rumit dibandingkan dengan cetak sawah, karena lahannya sudah ada, tinggal bagaimana kita manfaatkan lahan tidur itu, supaya produksi padi kita bisa meningkat di tahun 2017 ini dan semakin meningkat lagi ditahun 2018,” terangnya.

    Dia juga menjelaskan, optimalisasi lahan persawahan merupakan salah satu langkah strategis dalam mengantisipasi kekurangan lahan untuk memproduksi padi. Dengan dilakukannya optimalisasi lahan pertanian, tentunya akan dapat meningkatkan produksi beras di Kabupaten Tanah Bumbu, “kita kalkulasi saja, misal 1 hektare bisa produksi 5 ton saja, berarti bila optimalisasi mencapai 2150 hektare, itu hasilnya bisa sampai 10.000 ton per tahun untuk satu kali tanam saja.” papar Setia Budi.*(JH/BNews)