Pemilihan Putera Puteri Tenun Sarana Promosikan Kerajinan Lokal

    0
    9

    Putera puteri Tenun Tanah Bumbu diharapkan dapat berperan sebagai ikon dan pendukung program Visit Tanah Bumbu.(FOTO : Ist)

    PAGATAN, BalarindangNews.com-Sedikitnya 10 pasangan putera-puteri dari berbagai kecamatan se-Tanah Bumbu, Rabu (24/5) malam, mengikuti pemilihan Putera Puteri Tenun Tahun 2017 yang digelar di Gedung 7 Februari, Pagatan. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mencari dan mengangkat potensi kerajinan tenun khas Tanah Bumbu (Tanbu) yang saat ini tengah gencar dipromosikan.

    Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Tanbu, Nahrul Fajeri, Spd, Mpd menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus gencar mempromosikan daya tarik wisata yang ada di Bumi Bersujud. Salah satunya melalui Putera-Puteri Tenun Tanah Bumbu yang bertugas mempromosikan wisata dan kerajinan lokal masyarakat. “Melalui lomba ini, kami ingin meningkatkan dan mengangkat produk-produk tenun khas Tanah Bumbu agar semakin dikenal luas,” terangnya.

    Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Samsir, SE menyampaikan, selain ingin memperkenalkan produk tenun khas Tanah Bumbu, pihaknya juga akan memilih putera-puteri tenun Tanah Bumbu yang dapat berperan sebagai ikon dan pendukung program Visit Tanah Bumbu.

    Menurut Samsir, acara semacam ini dapat memotivasi berbagai pihak, baik remaja, industri tenun, perancang mode, seniman maupun budayawan, untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas produk tenun lokal. “Tenun merupakan produk yang dapat menjadi peluang usaha kerajinan industri kreatif, dan menumbuhkan kreasi serta inovasi berbagi pihak dalam meningkatkan kualitas tenun khas Tanah Bumbu,” paparnya.*(JH/BNews)