Pembangunan dan Pelebaran Jalan Dukung Percepatan Pembangunan Konektivitas

    0
    13

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu Roy Rizali Anwar, ST. (FOTO : ES/BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk terus meningkatkan insfratruktur. Salah satunya pembangunan jalan lingkar dalam Batulicin sebagai pendukung percepatan pembangunan. “Pelebaran dan pembangunan jalan dengan nama proyek JalanLingkar Dalam Batulicin I, dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan konektivitas,” kata Roy Rizali Anwar, ST selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu kepada awak media, Kamis (15/6), di Batulicin.

    Pekerjaan pelebaran jalan tersebut masuk dalam proyek Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional diBanjarmasin, dengan sumber dana menggunakan APBN dan anggaran pembebasan lahan bersumber pada APBD. Pelebaran jalan akan dikerjakan sepanjang kurang lebih 2 km, dan penambahan lebar dari badan jalan yang sebelumnya kurang lebih 7 9 m, dilebarkan menjadi 22 m, lengkap dengan saluran, bangunanjalan, dan aspal dua jalurtermasuk median. Sedangkan, untuk pekerjaan saluran tidak dilaksanakan sepanjang bangunan jalan, akan tetapi hanya dilaksanakan pada spot-spot tertentu.

    Pembangunan dan pelebaran jalan diharapkan mendukung percepatan pembangunan konektivitas. (FOTO : ES/BNews)

    Roy juga menjelaskan, pelaksanaan pembangunan dan pelebaran jalan ini sebenarnyadimulai sudah dari awal tahun namun sempat terkendala karena pembebasan lahan. Namun saat ini, progres sudah mulai terlihat banyak peningkatan. “Meski pemerintah daerah telah menyiapkan dana APBD untuk pembebasan lahan, tapi masih menjadi masalah karena pelaksanaan pelebaran jalan dan pembebasan lahan, itu bersamaan, sehingga  dikontraktor sedikit kesulitan dalam melaksanakan pekerjaannya. Saat ini pembayaraan sudah terus bergulir,” jelasnya.*(BNews)