Tantangan Nyata dalam Perlindungan Lingkungan

    0
    15

    FOTO : rmolsumut.com

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com– Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Oleh karenanya setiap tahunnya diperingati demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam, seperti halnya dengan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang memperingatinya dengan menggelar apel bersama di halaman kantor Bupati Tanbu, Senin (10/7).

    Pada peringatan tersebut,  Plt. Sekretaris Daerah Tanbu Ir. H. Erno Rudi Handoko saat membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menyampaikan bahwa lingkungan ataupun alam memiliki arti yang sangat besar. “Lingkungan dan alam bisa dikatakan menentukan hidup manusia, karena fungsi-fungsi alam bekerja juga bagi manusia,” kata Erno.

    Lingkungan hidup dapat menentukan kehidupan manusia mengingat saat ini masyarakat dihadapkan pada tantangan yang nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan alam. Sehingga perlu menata hubungan alam dan manusia, bukan hanya sekedar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan profit manusia. Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup yang mengambil tema Conecting People To Nature, berarti kita harus menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi dan keindahan alam. Memperlakukan alam secara proporsional, tidak hanya mau mengeruk keuntungannya saja, tetapi harus dalam perspektif perlindungan lingkungan.*(BNews)