Disdik Tanbu Terapkan Sistem Zonasi

    0
    3

    Ilustrasi penerimaan siswa baru. (FOTO :pojoksatu.id)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menerapkan sistem zonasi dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru  Tahun 2017. “Tahun ini Permendikbud ada sistem zonasi, yang diharapkan dengan sistem tersebut akan terjadi pemerataan siswa disemua sekolah,” kata Ir. Sartono, M. Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kab Tanbu kepada BalarindangNews.com, Rabu (12/7) tadi.

    Diberlakukannya sistem zonasi islah sebagai efektifitas dan efisiensi perekonomian di masyarakat, serta sebagai upaya untuk menciptakan prestasi sekolah yang merata. Menurut Sartono, selama ini anak pintar merupakan virus untuk menjadikan sekitarnya menjadi pintar. “Apabila siswa yang pintar hanya terkumpul pada sekolah satu saja, sekolah lain kecil kemungkinannya untuk pintar juga. Oleh karena itu salah satu strategi zonasi akan terjadi pemerataan kualitas sekolah,” terangnya.

    Kepala Dinas Pendidikan Ir. Sartono, M. Si. (FOTO : BNews)

    Dengan sistem zonasi, sekolah wajib menerima siswa disekitarnya, untuk tingkat SD sebanyak 80% harus dari lingkungan, dan untuk tingkat SMP sebanyak 90%. Dilihat darp perspektif kenyamanan, sistem zonasi akan mempermudah orang tua wali siswa dalam melakukan proses pendaftaran mengingat jarak atau lokasi sekolah yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, salah satu permasalahan mengenai jarak tempuh sekolah sudah barang tentu telah terselesaiakn secara perlahan.*(BNews)