Sekolah Dilarang Pungut Biaya Apapun

    0
    3

    Kepala Dinas Pendidikan Kab Tanah Bumbu Ir. Sartono, M. Si. (FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Pentingnya pendidikan demi menciptakan manusia yang berkualitas, berintelektual serta jauh dari kebodohan menjadikan semua orang tua terus mengupayakan anak anaknya bersekolah. Namun permasalahan dilematis mengenai tingginya biaya administrasi sekolah dirasa sangat membebani bagi orang tua yang berpenghasilan terbatas. “Pengertian daftar ulang itu tidak ada, biaya daftar ulang itu untuk apa. Tidak ada biaya pendaftaran ataupun biaya daftar ulang bagi siswa yang naik ke kelas berikutnya,” geram Kadisdik Tanbu Ir. Sartono, M. Si, Rabu (12/7).

    Sartono juga menuturkan, merujuk pada Permendikbud nomor 75 Tahun 2016 telah diatur peran, tugas dan kewenangan sekolah yang tidak memperbolehkan pihak sekolah memungut biaya apapun kepada murid maupun wali murid. Selain itu,  bagi sekolah negeri dan swasta yang menerima Bantuan Operasional Siswa (BOS) juga dilarang memungut biaya administrasi baik biaya pendaftaran, maupun biaya daftar ulang, dan itu harus dibebankan melalui dana BOS.

    Hanya saja sekarang ini sekolah memiliki mekanisme sendiri dengan mewajibkan anak didiknya membeli perlengkapan siswa dengan nominal yang sudah ditentukan. Setiap penarikan biaya seharusnya dikoordinasikan dan dibicarakan dengan orang tua murid bersama komite sekolah sebelum mengambil kebijakan. “Dinas Pendidikan tidak melarang bagi sekolah yang memungut biaya mengenai biaya kepentingan siswa, hanya saja pihak sekolah ditekankan untuk meminimalisasi biaya itu, dan dilakukan setelah peneriamaan siswa, setelah resmi menjadi murid baru dilakukan pertemuan wali murid,” tegas Sartono.*(BNews)