Antisipasi Penyakit Pancaroba, Dinkes Tanbu Terapkan Germas

    0
    5

    Logo Germas. (FOTO : kemkes.go.id)

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Dinas Kesehatan Tanah Bumbu (Tanbu) tengah gencar-gencarnya melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi munculnya penyakit musim pancaroba yang sering mewabah di pergantian musim hujan ke musim kemarau. “Yang saat ini dilakukan Dinkes yaitu melaksanakan aksi bagaimana untuk mewujudkan masyarakat yang Germas dengan melakukan upaya preventif, dengan sosialisasi serta himbauan ke masyarakat yang melibatkan kelompok kemasyarakatan,” kata H. Damrah, S. Sos selaku Kepala Dinkes Tanbu kepada BalarindangNews.com, Rabu (12/7).

    Damrah menyebutkan, Dinas Kesehatan melalui Seksi Surveilans dan Imunisasi telah melaksanakan kegiatan manajemen data baik pengumpulan, pengolahan, analisa,penyajian dan diseminasi data dalam rangka kewaspadaan dan pengendalian penyakit.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H. Damrah, S. Sos. (FOTO : BNews)

    Dinas Kesehatan Tanbu juga memiliki strategi terkait antisipasi penyakit musim pancaroba yakni dengan menerapkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), intinya ialah bagaimana pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa memelihara kesehatan melalui tindakan promoti preventif. Tindakan preventif adalah upaya kita meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, bagaimana mencegah penyakit dan mengajak masyarakat untuk menerapkan pola atau gaya hidup sehat atau Perilaku Hidup Sehat dan Bersih.*(BNews)