Hadapi Pancaroba, Dinkes Tanbu Tingkatkan Kewaspadaan

    0
    9

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H. Damrah, S. Sos. (FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Tanah Bumbu berupaya melakukan tindakan preventif mengahadapi musim kemarau dengan menghimbau upaya pencegahan hingga ke tingkat desa. “Untuk mengatasi dan menanggulangi penyakit di musim pancaroba Dinkes gencar mengajak masyarakat melakukan pencegahan dan melawan penularannya sampai ke desa,” kata Kepala Dinkes Tanbu, H. Damrah, S. Sos, Rabu (12/7) di ruang kerjanya.

    Pencegahan dilakukan dengan kegiatan penyuluhan ke masyarakat dalam bentuk sosialisasi maupun simulasi dari tingkat lingkungan, Posyandu, PKK, Puskesmas pembantu, Puskesmas induk, sampai ke acara kerohanian juga dijadikan saat menyosialisasikan hal tersebut. “Dengan sosialisasi serta himbauan ke masyarakat yang melibatkan organisasi kemasyarakatan seperti majelis taklim dan pengajian, maupun organisasi keagamaan lainnya, kita invetarisir semua organisasi keagamaan diseluruh kecamatan. Ada 144 desa kita daftar semua,” papar Damrah

    Banyaknya kasus baru yang yang timbul di musim pancaroba, seperti gangguan pencernaan (diare), infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), hingga demam berdarah dengue (DBD)yang penyebarannya terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti mengharuskan tenaga kesehatan harus tetap waspada, terlebih lagi pola musim hujan tahun ini mengalami perubahan. “Melihat kondisi saat ini bahwa, masa musim hujan lebih lama sampai memasuki bulan juli,  maka pola penyakitnya pun akan berubah juga. Tenaga kesehatan selalu diberi peringatan dan kewaspadaan dini,” jelas Damrah.

    Pihak Dinkes berharap, dengan tindakan dan langkah tepat pencegahan dan penanggulangan penyakit di musim pancaroba dapat berjalan maksimal, masyarakat semakin sadar tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan mengetahui pencegahan beragam penyakit, sehingga kesepannya tidak ada korban jiwa.*(BNews)