Dinkes Tanbu Lakukan Pendataan Kesehatan Masyarakat

    0
    8

    Ilustrasi pendataan kesehatan masyarakat. (FOTO : jitunews.com)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com– ebagai upaya untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan Tanah Bumbu (Tanbu) mulai melakukan pendataan dan pemetaan kesehatan. “Pendataan kesehatan masyarakat itu dilakukan di 7 Kecamatan, dan direncanakan tahun berikutnya dapat dilakukan merata di seluruh kecamatan,”kata H. Damrah, S. Sos kepada BalarindangNews.com melalui sambungan selulernya, Sabtu (15/7).

    Dirinya menyebutkan, akan ada tim yang turun ke lapangan guna mendata masyarakat serta  memberikan pemahaman faktor-faktor apa saja yang menimbulkan pencemaran lingkungan.

    Adapun poin-poin yang akan didata antara lain, riwayat kesehatan dengan mengecek langsung kesehatannya, mengecek sumber air yang digunakan masyarakat, kelayakan jamban, dan lain sebagainya. Poin tersebut dilakukan di setiap keluarga, sehingga jika ada warga yang mengalami gangguan kesehatan dapat terdeteksi secara dini. Selain itu, upaya ini juga diharapkan dapat menumbuhkan masyarakat untuk selalu hidup sehat.*(BNews)