Jelang Musim Kemarau, BPBD Tanbu Lakukan Antisipasi Dini

    0
    6

    Ilustrasi kekeringan. (FOTO : sorotnusantara.com)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mulai melakukan langkah antisipasi menghadapi musim kemarau yang puncaknya diprediksi akan terjadi pada bulan September mendatang. “Ada dua situasi yang dihadapi yaitu, kekeringan dan karhutla. Sementara ini, kita mulai dengan langkah pemetaan daerah bencana kekeringan, dan mulai menyiapkan sumber air bersih untuk disuplaikan nantinya,” kata Eka Saprudin, AP, MAP, Selasa (18/7) di ruang kerjanya.

    Eka berharap, dengan melakukan pemetaan daerah bencana kekeringan dan mempersiapkan sumber air bersih sejak dini, akan dapat meminimalisir dampak dari bencana kekeringan pada musim kemarau tahun ini. “Nanti kita tinjau kondisi di lokasi, daerah yang rawan kekeringan seperti kecamatan Sungai Loban juga terus dipantau,” paparnya.

    Selain itu, pihak BPBD Tanbu juga akan melakukan himbauan-himbauan terkait bahaya bencana kekeringan, serta menghimbau masyarakat untuk dapat memanfaatkan air bersih jika telah memasuki musim kemarau. Mengenai armada dalam mengantisipasi datangnya musim kemarau dibeberapa wilayah, BPBD akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait guna memperlancar pendistribusian air bersih ke lokasi rawan kekeringan.*(BNews/BPBD Tanbu)