Wujudkan Pangan Bebas Pestisida

    0
    7

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan kab Tanah Bumbu, Drs. Rahmad. (FOTO: BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Sumber pangan segar hasil pertanian saat ini sudah menjadi tuntutan konsumen. Pangan yang tercemar pestisida yang beredar di masyarakat sangat dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan, “selama ini, pangan yang mengandung pestisida yang dikonsumsi masyarakat berdampak sangat buruk terhadap kesehatan,” kata Drs. H. Rahmad selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu, kepada BalarindangNews.com, Senin (3/9) di ruang kerjanya.

    Konsumen menginginkan pangan segar itu benar-benar bebas dari bahan kimia, sebab pangan yang tercemar pestisida memberi dampak negative pada kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Seiring dengan meningkatnya daya beli dan kebutuhan masyarakat terhadap produk pangan aman dan bermutu, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu saat ini tengah gencar mewujudkan food safety (keamanan pangan) sebagai salah satu komponen penting dalam food security.

    H. Rahmad juga menjelaskan bahwa produk aman dan bermutu saat ini memiliki pangsa pasar cukup tinggi. Karena tingkat kesadaran masyarakat akan produk pangan atau hortikultura yang aman telah meningkat. Untuk itu, demi menjaga sumber pangan yang steril, masyarakat juga dihimbau untuk memanfaatkan lahan pekarangan sebagaimana program yang tengah digalakkan oleh dinas ketahan pangan kab Tanbu demi mewujudkan sumber pangan yang bebas pestisida. “Selamat tinggal pestisida, selamat datang tembakau, serai, dan minyak tanah. sebagai pestisida nabati untuk membunuh hama tanaman,” tegas H. Rahmad.*(BNews)