BPBD Tanbu Cegah Karhutla Sejak Dini

    0
    3

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Tanah Bumbu Eka Saprudin, AP, MAP menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar kawasan hutan.(FOTO :BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Memasuki musim kemarau, ancaman kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu momok menakutkan. Untuk mengantisipasinya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar kawasan hutan, “saat membuka lahan, masyarakat diharapkan menggunakan cara yang lebih ramah lingkungan dan mengubah tradisi pembukaan lahan dengan cara membakar,” kata Eka Saprudin, AP, MAP selaku Kepala BPBD Tanbu kepada BalarindangNews.com melalui sambungan seluler, Kamis (7/9) tadi.

    Terkait resiko ancaman karhutla tersebut, BPBD Tanbu mendorong semua pihak untuk meningkatkan kesiap-siagaan guna mencegah dan menanggulangi musibah tahunan tersebut. Selain itu BPBD bersama instansi terkait juga siap memantau dan menindak lanjuti, serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla, mengingat penanganan masalah kebakaran hutan dan lahan tidak bisa hanya mengadalkan pemerintah, namun peran masyarakat untuk sadar tidak membuka lahan dengan membakar hutan sangatlah penting.”Tanpa bantuan dan kesadaran masyarakat, sulit kita mengatisipasi kebakaran hutan dan lahan,” tambah Eka.

    Oleh karena itu, selain melakukan sosialisasi, BPBD selalu menyebarkan brosur maupun pemasangan spanduk himbauan di beberapa titik yang di anggap rawan terjadinya kebakaran hutan atau lahan. Dengan adanya tindakan pencegahan sejak dini, bahaya karhutla berupa kabut asap yang memiliki dampak negatif cukup besar, mulai dari pendidikan yang diliburkan, perekonomian terganggu, hingga berbagai macam penyakit yang ditimbulkan.*(BNews)