Kemarau Tiba, Lahan Padi Terancam Kekeringan

    0
    13

    Kepala Dinas Pertanian H.Setia Budi meninjau lokasi lahan pertanian yang mengalami kekeringan, dan membawa alat untuk pengairan sawah. (FOTO:Ist)

    KUSAN HULU, BalarindangNews.com-Saudara, kemarau sudah di ambang siap siaga untuk menghadapi kekeringan, hal ini berdampak pada susahnya untuk mendapatkan sumber air, apalagi untuk mengairi lahan pertanian. Seperti salah satu lahan penangkaran benih padi di desa Karang Mulia  kecamatan Kusan Hulu mengalami kekeringan, kamis (7/9) siang tadi.

    Pemerintah daerah kab Tanah Bumbu melalui Dinas Pertanian, langsung meninjau lokasi lahan pertanian yang mengalami keeringan. Selain itu pemerintah memberikan bantuan peralatan berupa pompanisasi dan beberapa cara penyaluran air lainnya untuk memenuhi pasokan air ke sawah sawah petani. Peninjauan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kab Tanbu terhadap para petani sekaligus sebagai upaya dalam rangka mengurangi angka gagal panen yang diakibatkan ruraknya benih padi akibat kekurangan air

    Mengingat secara ekonomi, kekeringan karena kuranganya pasokan air untuk memenuhi kebutuhan pertanian sawah dan ladang, berpangaruh pada menurunnya produksi hasil tani dan berdampak gagal panen sehingga berpengaruh pada berkurangnya pendapatan para petani dan buruh tani.*(BNews)