Tanbu Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

    0
    3

    Salah satu Staf Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Bumbu, Umar bersama IPDA Beno Widianto dalam kegiatan Patroli kesiapsiagaan penanggulangan bencana karhutla.(FOTO : BNews) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), telah menetapkan status siaga darurat secara internal terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). “Untuk sekarang ini pemerintah daerah kab Tanbu sudah menetapkan status siaga darurat bencana yang SK nya sudah di tandatanganinoleh Bupati Tanbu,” kata Kepala BPBD Tanbu Eka Saprudin, AP, MAP melalui salah seorang Staf Bidang Kedaruratan dan Logistik, Umar di Posko Siaga Karhutla, Kamis (7/9) tadi.

    Guna menunjang status siaga darurat Karhutla, BPBD Tanbu bersama instansi terkait telah melakukan sosialisasi ke seluruh kecamatan  serta mengaktifkan posko-posko yang tersebar di 10 kecamatan. Selain itu, poin utama dalam pencegahan dan penanggulanagn bencana ialah dengan merubah pola mikir masyarakat agar dalam melakukan pembukaan lahan menggunakan cara yang lebih ramah lingkungan, “bagaimana caranya supaya untuk pembukaan lahan tidak dilakukan dengan pembakaran hutan dan lahan,” jelas Umar.

    Meski terbatas pada persiapan peralatan, namun koordinasi dan informasi dari mulai pencegahan hingga penanganan karhutla terus dilakukan dengan SOPD terkait, agar saat terjadi kebakaran hutan ataupun lahan dapat bergerak bersama-sama. “Pada prinsipnya pelaksanaan di lapangan, begitu terjadi karhutla semua intansi terkait kita menyatu di lapangan, dari kodim, polri, satpol pp/Damkar, semua kita gabung sebagai upaya penaggulangan sedini mungkin,” terang Umar.*(BNews)