Distan Tanbu Tanggulangi Ancaman Kekeringan Lahan Sawah

    0
    11

    Kepala Distan Tanbu, H. Setia Budi, SKM, MM, memastikan penanggulangan kekeringan dengan pompanisasi akan mencukupi jumlah air yang dibutuhkan.(FOTO : BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com– Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sigap dan tanggap mengatasi dampak musim kemarau di lahan pertanian masyarakat. “Kita sudah melakukan suplai air dengan tangki dan menyalurkan bantuan pompa air kepada petani di Tanbu, guna menyelamatkan tanaman padi mereka dari kekeringan pada musim kemarau sekarang,” kata Kepala Distan Tanbu, H. Setia Budi, SKM, MM, Jum’at (8/9) di ruang kerjanya.

    Hal ini dilakukan Distan Tanbu sebagai upaya untuk mengantisipasi tanaman padi petani gagal panen akibat kekeringan, mengingat benih yang ditanam di lahan sawah yang mengalami kekeringan masih berusia lima hari. Usia tanam di bawah 20 hari memang sangat tinggi presentase kegagalannya, padi akan mengering dan mati sehingga dapat dipastikan akan berdampak pada kerugian bagi para petani.

    Setia Budi juga menyampaikan, meski sawah yang mengalami kekeringan mencapai kurang lebih 7 ha, namun pihaknya memastikan upaya penanggulangan kekeringan dengan pompanisasi akan mencukupi jumlah air yang dibutuhkan dalam masa tanam hingga saat panen nanti. “Dengan adanya bantuan pompa air ini, petani dapat menyedot air sungai di sekitarnya untuk mengairi tanaman padinya, sehingga tanaman padi berumur lima hari ini selamat dari ancaman gagal panen,” tambahnya.

    Lebih lanjut Setia Budi menjelaskan, upaya yang dilakukan tidak hanya sebatas bantuan sarana pompanisasi, akan tetapi juga akan menyediakan sumur bor di area lahan sawah yang mengalami kekeringan. Sehingga kedepannya, dengan mudahnya pengairan maka petani akan bisa melakukan tanam hingga tiga kali dalam satu tahun.*(BNews)