Tingkatkan Pemahaman K13, Disdikbud Tanbu Lakukan Pendampingan di Sekolah

    0
    3

    Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Tanbu Amiluddin, S. Pd, MM. (FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Dalam rangka menjamin kesiapan pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kab Tanbu melakukan pendampingan pelaksanaan K13 bagi sekolah SD dan SMP. “Saat ini Disdikbud sedang melaksanakan pendampingan Kurikulum 2013 untuk jenjang SD dan SMP di Tahun 2017 sesuai dari Surat Edaran Dikdasmen Tentang Sekolah Pelaksana K13,” kata Kadisdikbud Tanbu Ir. Sartono, M. Si melalui Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Tanbu Amiluddin, S. Pd, MM, kepada BalarindangNews.com, Jum’at (15/9) di ruang kerjanya.

    Pelaksanaan pendampingan terhadap sekolah yang melaksanakan K13 di bagi menjadi beberapa klaster. Di Tahun 2017 ini, jenjang SD di kabupaten Tanbu terdapat sebanyak 62 sekolah, kemudian dari 62 sekolah tingkat SD tersebut di bagi menjadi 6 induk klaster yang pembagiannya berdasarkan letak geografis. Sedangkan untuk tingkatan kelas, pengajar SD  yang didampingi diantaranya adalah untuk guru kelas 1, guru kelas 4, guru agama islam dan guru penjas orkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan). Dengan demikian dari jumlah keseluruhan 196 SD di kab Tanbu, saat ini sudah ada 106 sekolah yang melaksanakan K13.

    Ilustrasi kurikulum 2013. (FOTO : liputan6.com)

    Sementara itu, untuk jenjang SMP yang melaksanakan kegiatan pendampingan K13 di tahun 2017 ini terdapat 23 sekolah SMP, yang juga terbagi menjadi induk klaster dimana anggota induk klaster berdasarkan kondisi letak geografis. Untuk jenjang SMP, pendampingan dilakukan untuk semua guru mata pelajaran, yang terdiri dari sepuluh mata pelajaran. Dengan demikian, jumlah sekolah jenjang SMP yang telah melaksanakan K13 sudah mencapai 35 sekolah, dari jumlah keseluruhan sebanyak 60 sekolah SMP yang ada di kabupaten Tanbu.

    Dengan adanya pendampingan tersebut, diharapkan sekolah dapat melaksanakan K13 dari mulai  merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, sampai pada tahap mengevaluasi kompetensi pencapaian peserta didik dengan baik. Kemudian, bagi guru-guru yang melaksanakan pendampingan, kedepannya dapat melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan penilaian yang mereka laksanakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya, yang selanjutnya dapat melakukan perbaikan secara terus menerus.*(BNews)