Rekrut Relawan Penanggulangan Bencana

    0
    9

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Tanah Bumbu Eka Saprudin, AP, MAP.(FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan melakukan perekrutan relawan dari masyarakat untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana di seluruh wilayah Tanbu. “Rencananya awal oktober akan dilakukan sharing dan pelatihan bersama BNPB bagi relawan dalam rangka upaya penanggulangan bencana,” kata Eka Saprudin, AP, MAP selaku Kepala BPBD Tanbu, Senin (18/9) tadi, di ruang kerjanya.

    Eka juga menyampaikan, nantinya setiap kecamatan akan direkrut sebagai relawan sebanyak 2 orang, kemudian kedepannya relawan ini akan menjadi tenaga andalan dalam mengevakuasi lebih awal bila terjadi bencana. Selain melakukan evakuasi, juga akan secepatnya memberikan informasi kepada pihak BPBD bila terjadi bencana di kecamatan masing-masing. “Dibentuknya tim relawan tersebut supaya jika ada bencana yang terjadi, relawan dapat menggerakkan masyarakat dan korban bisa lebih cepat tertangani, sehingga sebelum kami tiba di lokasi peristiwa, tenaga relawan sudah melakukan evakuasi lebih awal,” paparnya.

    Lebih lanjut dijelaskan, saat ini pihaknya mempercepat perekrutan tenaga relawan tersebut sebagai upaya meminimalisir korban saat terjadi bencana. Peserta relawan nantinya akan dilatih tim BNPB Provinsi, baik tentang penanganan awal maupun mengevakuasi masyarakat di lokasi bencana. “Kami berharap relawan yang akan direkrut itu masih berusia muda, memiliki pengetahuan, terlebih apabila ditokohkan diwilayahnya, sehingga dapat menjadi panutan. Dan nantinya relawan akan di bekali dengan pelatihan dari mulai penanganan sampai evakuasi,” ujarnya.

    Ia menambahkan, pihaknya juga berharap agar relawan yang direkrut kedepannya dapat menjadi perpanjang tangan BPBD, sehingga segala informasi baik itu karhutla atau bencana yang lain dapat direspon dengan cepat. Selain itu, mengingat masing-masing kecamatan memiliki karakteristik daerah yang berbeda, dengan adanya pelatihan kepada relawan ini diharapkan masyarakat akan lebih sadar dan sigap saat terjadi bencana.*(BNews)