Meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas

    0
    14

    Petugas pelatihan dari Satlantas Polres Tanbu dan Dishub Tanbu memberikan pelatihann kepada masyarakat.(FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Sebagai upaya untuk mengurangi fatalitas korban jiwa jika terjadi kecelakaan, Satlantas Polres Kabupaten Tanah Bumbu bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan pertolongan pertama gawat darurat korban kecelakaan lalu lintas yang dilaksanakan di kawasan jalan Provinsi Km. 262, Batulicin, Tanah Bumbu, Selasa (3/10) tadi.

    Dalam kegiatan pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) tersebut, peserta pelatihan diberikan materi pengetahuan tentang dasar tindakan pada saat menemui satu kejadian kecelakaan lalu lintas, bagaimana menyelamatkan korban, atau mengamankan TKP kecelakaan agar mempermudah petugas dalam melakukan penyidikan, serta  upaya pemberian bantuan hidup dasar, berupa teknik dasar pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

    Adapun tujuan dari hasil kegiatan PPGD ialah agar masyarakat dapat memahami tentang PPGD sehingga dapat memberikan bantuan dan pertolongan pertama kepada korban laka lantas yang berada di daerah rawan kecelakaan laka. Dengan pelatihan ini diharapkan, masyarakat memahami tindakan awal, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, mereka juga dapat membantu tugas kepolisian, dengan dasar semangat untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan pertolongan.

    Selain itu, melalui beberapa kegiatan simulasi penanganan Laka Lantas, di harapkan dapat menurunkan angka laka lantas dari tahun ke tahun dan menurunkan korban jiwa akibat laka lantas.Dengan adanya Kegiatan Pembina masyarakat dapat membantu korban dengan pertolongan pertama menyelamatkan jiwa manusia atau meningkatkan fungsi tanda-tanda vital seperti denyut jantung, suhu tubuh dan jalan pernafasan, yang tujuannya dapat mencegah korban menjadi lebih buruk keadaannya maupun meringankannya dari rasa sakit dan penderitaan.*(BNews)