Disdagri Tanbu Tertibkan Pendistribusian LPG 3 kg di Pangkalan

    0
    9

    Kepala Bidang Pembinaan dan Perdagangan, Disdagri Tanbu, H. Akh. Heriansyah, S. PT, MM.(FOTO : BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com– Guna mengatasi terjadinya permasalahan distribusi dan tingginya harga tabung Liquid Petroleum Gas (LPG) ukuran 3kg, Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat terbatas untuk membentuk tim pengawas, “mengatasi permasalahan LPG 3 kg, hari ini telah diadakan rapat dengan SOPD terkait yang berhasil merumuskan kebijakan dengan membentuk  Tim Koordinasi Pengendalian Distribusi dan Pengawasan LPG 3 kg,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Tanbu, Drs. Anwar Salujang, melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Perdagangan, H. Akh. Heriansyah, S. PT, MM, Selasa (10/10) tadi.

    Permasalahan pendistribusian tabung gas LPG ukuran 3 kg ini muncul lantaran masih kurang sosialisasi mengenai peruntukkannya, atau pendistribusian yang salah. “Seharusnya LPG 3 kg ini diperuntukkan hanya bagi warga miskin atau berpenghasilan Rp 1,5 juta ke bawah, banyak masyarakat mampu yang menggunakan LPG 3 kg, sehingga memperkeruh permasalahan,” kata Heri.

    Lebih lanjut Heri menyampaikan, selain di bentuk tim pengendalian dan pengawasan, nantinya cara pendistribusian LPG 3 kg akan diperbaharui dengan menggunakan kartu, agar lebih tepat sasaran. Harga yang diberikan oleh agen LPG 3 kg sebesar Rp.14.750,- , sementara itu harga eceran tertinggi (HET) dari pangkalan yang telah mengacu pada peraturan Propinsi dalam radius 60 km di patok dengan harga tertinggi Rp.17. 500,- yang diperuntukan untuk konsumen, dengan demikian pangkalan sudah memiliki keuntungan kurang lebih sebesarRp.2.750,-.*(BNews)